Lantik Ketua TP-PKK Pariangan Lise Eka Putra, Koordinasi Kader Wujudkan TPPKK Yang Maju Dan Jaya


LANSANINEWS.COM Tanah Datar                     -peranan PKK sangat penting dalam pemberdayaan dan pembinaan keluarga, berperan dalam pembangunan daerah sebagai mitra dari Pemerintah Daerah.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pembinaan kesejahteraan keluarga (TP-PKK) kabupaten Tanah Datar Lise Eka Putra saat melantik dr Marsu Mulkhairi sebagai Ketua TP-PKK kecamatan Pariangan, Jum'at (27/01/2023) di Gedung LKAAM kecamatan Pariangan.

 Pelantikan tersebut Seiring dengan telah di Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Pariangan dari Yatriwel kepada Mulkhairi  dan sekaligus sertijab dari Ketua TPPKK yang lama Delfiana kepada Ketua TPPKK yang baru  dr. Marsu Mulkhairi.

Dalam kesempatan tersebut Lise Eka Putra berharap kepada Ketua TPPKK yang baru dilantik untuk dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan sungguh-sungguh.

“Untuk mendukung program pemerintah daerah TP PKK telah melakukan berbagai program dan kegiatan disemua tingkatan sehingga TPPKK sebagai organisasi yang terstruktur dari pusat hingga daerah benar-benar dirasakan keberadaannya," ucapnya.

Lebih lanjut Lise Eka Putra menyampaikan berkat kerja keras semua kader sudah mengantarkan TPPKK Tanah Datar menjadi juara umum pada jambore kader PKK berprestasi tingkat Sumatra Barat di Agam pada tahun 2022 lalu.

“Kita TPPKK mulai dari kabupaten, kecamatan hingga jorong bertekat menghidupkan semua kelompok dasawisma yang ada agar tumbuh dan berkembang dan itu tanpa kebersamaan mustahil juga bisa terjadi,”ujarnya.

Disampaikan Lise belum semua kelompok dasawisma di Tanah Datar kategori maju, masih banyak yang kategori berkembang dan tumbuh, dari itu sangat diperlukan keseriusan kader disemua tingkatan untuk bersama-sama bergerak dan saling berkoordinasi wewujudkan TPPKK Tanah Datar yang maju dan jaya.

Terkait angka stunting di Tanah Datar Ny. Lise menyebutkan dari 21,5 persen saat ini sudah turun menjadi 18 persen, namun itu masih perlu kerja keras semua element agar di tahun 2024 nanti dapat mencapai target nasional 14 persen.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM yang hadir langsung saat sertijab tersebut mengatakan, camat harus menjadi pelayan masyarakat dari itu banyak turun kemasyarakat untuk melihat langsung kondisi masyarakat sembari menampung aspirasi masyarakat.

“Kita selaku camat bukan berarti pejabat yang harus dilayani, yang pejabat itu masyarakat dari itu mari layani masyarakat dengan sebaik-baiknya, sering turun kelapangan melihat langsung kondisi masyarakat, jika ada masalah yang bisa diselesaikan camat cukup diselesaikan di kecamatan saja, jika tidak baru langsung ke saya,”ucap Eka Putra.

Bupati Eka Putra ingatkan kepada camat yang baru agar bekerja lebih serius lagi, pasang niat yang ikhkas. Banyak prestasi yang diraih Kecamatan Pariangan, agar itu dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi.

“Selamat kepada camat baru, mari bekerja ikhlas, dengar keluhan masyarakat, berbuat untuk masyarakat terkhusus untuk wilayah kerjanya dan juga terima kasih kepada camat lama yang telah memberikan dedikasinya selama bertugas lebih satu tahun di Kecamatan Pariangan,”ujarnya.

Sebelumnya Camat yang lama Yatriwel yang saat ini menjadi camat di Kecamatan Padang Ganting mengatakan jika dirinya berdinas di Kecamatan Pariangan selama satu tahun tiga bulan. Walau belum bisa berbuat banyak bagi Kecamatan Pariangan namun di masa yang singkat itu berbagai program dan kegiatan pemerintah daerah dilakukan di kecamatan tersebut seperti salah satunya pembangunan jalan dua jalur menuju Kota Batusangkar.

Yatriwel juga menyebut berbagai Program Unggulan (Progul) daerah cukup banyak di Pariangan seperti salah satu event daerah bertajuk satu nagari satu event, Kecamatan Pariangan meraih juara III di tingkat Kabupaten Tanah Datar yaitu Festival Pesona Pariangan Nagari Terindah.

“Selain event tersebut Nagari Pariangan juga mendapat tiga kategori juara ditingkat nasional pada rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tahun 2022 yang lalu,”ujarnya.

Sementara itu camat yang baru Mulkhairi pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Eka Putra yang telah mempercayakan dirinya sebagai camat di Kecamatan Pariangan dan Ia berjanji akan berja ikhlas dan sungguh-sungguh untuk Pariangan lebih baik lagi kedepannya.

Pada kesempatan tersebut Mulkhairi juga berharap kepada semua pihak untuk dapat memberikan dukungan, suport, saran dan keritikan yang membangun serta doa sehingga kemajuan Kecamatan Pariangan dapat diwujudkan. (**)

Editor : Tim LN

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama