Wali Nagari Air Angek, Asriyal: Lampai Kuning Adalah Kebanggaan Kami

 Amparan sawah dengan padi yang sedang menguning 
Lansaninews.com- Sijunjung 
Wali Nagari Air Angek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat Asriyal mengatakan "padi Lampai Kuning adalah kebanggaan kami".Hal itu disampaikan oleh Yal kepada awak media Lansani News di Rumah Gadang suku Patopang, Sabtu, 15/10.

Lebih lanjut Yal menjelaskan "di sini penggarapan sawah dan penanaman padi dilakukan secara serentak per Jorong . Tidak ada petani yang menanam padi sebelum ada perintah dari ninik mamak. Begitu juga halnya memanenya. Jika ada yang melanggar akan. didenda seekor kambing, "ujar Yal 

"Lampai Kuning atau disebut juga dengan pandan wangi adalah jenis beras yang paling disukai oleh masyarakat sekitar. Sehingga pada musim panen banyak pedagang beras berdatangan ke Air Angek ini", tambah Yal.

"Insyaallah kami akan mulai panen hari Rabu, 19/10. Pekerjaan memanen akan dilakukan secara bersama-sama. Biasanya selesai dalam 2 hari", aku Yal.

Di tempat terpisah Hanafi (28) seorang tokoh masyarakat menyampaikan "pemuda-pemuda Air Angek ini banyak yang pergi merantau. Bahkan sampai ke hampir seluruh wilayah Indonesia. Umumnya mereka berprofesi sebagai tukang pangkas rambut " demikian Hanafi mengakhiri dialognya dengan awak media Lansani News.   ( Burhanuddin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama