Deddi Irawan Hadiri Pandai Sikek Festival 2022

Pembuantan songket   pandai  sikek di pestival  2022 ( Mai)
LANSANINEWS.COM Tanah Datar                     
Dibuka secara resmi oleh wakil bupati Richi Aprian, SH, MH, Anggota DPRD Tanah Datar Deddi  Irawan hadiri Satu Even Satu Nagari ke-VI Pandai Sikek Festival Tahun 2022, Sabtu (27/08/2022)  di Pasar Tradisional Nagari Pandai Sikek kecamatan X Koto.

Pandai Sikek Festival yang di gelar selama dua hari tersebut, dimulai dari tanggal 27-28 Agustus 2022 itu pun, dimeriahkan oleh parade 1000 songket, makan bajamba, fashion show, demo ukiran kayu, kuliner khas Pandai Sikek,  pentas seni budaya anak nagari, dan sebagianya.

Turut hadir dalam acara pembukaan Pandai Sikek Festival Tahun 2022 Forkopimda, Kapolresta Padang Panjang, Dandim 0307/TD Letkol Czi Sutrisno, ST, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Camat, Walinagari Se kecamatan X Koto, Walinagari Pandai Sikek Harmen St. Rajo Malano, Tokoh Perantau Edriana Noerdin, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015,  M. Shadiq Pasadigoe
Ninik Mamak, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, pemuda, Bundo kanduang, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Walinagari Pandai Sikek Harmen St. Rajo Malano mengucapkan terima kasih kepada Tokoh perantau, Anggota DPRD Dedi Irawan sebagai putra asli X koto serta seluruh pihak sehingga terselenggaranya Pandai Sikek Festival lebih mengenalkan nagari Pandai Sikek ke masyarakat.

“Nagari Pandai Sikek sudah dikenal oleh masyarakat, melalui gambar penenun Pandai Sikek di pecahan mata uang Rp. 5.000. Dengan adanya Pandai Sikek Festival akan lebih mengenalkan nagari tokoh sastrawan Indonesia yakni Taufik Ismail ini, ke masyarakat di daerah, nasional maupun mancanegara,” ujar Harmen.

Senada dengan hal itu, Tokoh Perantau Pandai Sikek Edriana Noerdin mengatakan perantau mengambil peran untuk ikut bekontribusi dalam mempromosikan produk daerah Pandai Sikek.

“Sebagaimana harapan kita bersama, Pandai Sikek Festival terselenggara disetiap tahunnya. Disini, kita  ingin seluruh perantau mengambil andil untuk mengenalkan produk daerah ke kalayak banyak,” ujar Edriana.

Pandai Sikek Festival yang di gelar dari tanggal 27-28 Agustus 2022 itu pun, dimeriahkan oleh parade 1000 songket, makan bajamba, fashion show, demo ukiran kayu, kuliner khas Pandai Sikek,  pentas seni budaya anak nagari, dan sebagianya.

“Tujuan pelaksanaan Pandai Sikek Festival yakni melestarikan,  memajukan budaya dan mempromosikan potensi daerah, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,”  ujar Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian SH, MH  saat membuka acara itu, di lokasi Pasar Tradisional Pandai Sikek,  Sabtu (27/8/2022). 

Wabup Richi menambahkan kegiatan ke 6 dari 14 nagari  yang melaksanakan Satu Nagari Satu Event di tahun 2022  ini, mengaktifkan sanggar kesenian nagari, klub olahraga nagari, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke nagari Pandai Sikek.

“Pandai Sikek Festival ini sangat bermanfaat dalam  melestarikan serta mempromosikan kearifan lokal anak nagari. Insha Allah, pemerintah terus bersinergi untuk menyelenggarakan kegiatan ini di setiap tahunnya, ” ujar Wabup Richi.

Wabup Richi mengatakan pada pelaksana Satu Nagari Satu Event dari 5 nagari yang telah melaksanakannya, di dapat hasil yang sangat mengembirakan,  tercatat lebih kurang 37.700 orang pengunjung,  dan traksaksi jual beli  mencapai sekitar Rp. 3,6 milyar.

“Mudah-mudahan Pandai Sikek Festival mampu melebihi capaian  dari penyelenggaran Satu Nagari Satu Event yang sudah terlaksana sebelumnya. Semoga penyelenggarannya aman, lancar dan sukses,” pungkas Wabup Richi Aprian, SH, MH. (m*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama