Ketua DPD RI Apresiasi Peran PJBN Kota Serang dalam Program Vaksinasi Massal

Lansaninews.com,  Kota Serang 
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan apresiasi kepada Peguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) Kota Serang yang ikut membantu program vaksinasi massal dalam kegiatan Pagelar an Seni Budaya dan Vaksin Massal 1000 Dosis di Lapangan Gedung Pramuka, Kota Serang, Sabtu (9/10/2021). 

Saat memberikan sambutan secara virtual, LaNyalla mengatakan program vaksinasi harus dipercepat. Sebab, vaksinasi di Indonesia masih berada di kisaran angka 40 persen dari jumlah penduduk penerima vaksin. 

"Untuk mencapai kekebalan komunal, kita membutuhkan penyebaran vaksinasi minimal 70 persen dari jumlah penduduk penerima vaksin," ujar Senator asal Jawa Timur itu. 

Dikatakannya, untuk melakukan percepatan penyebaran vaksinasi memang harus ditempuh dengan program-program yang digelar oleh organisasi maupun kelompok masyarakat lainnya. 

"Sehingga kita harus berikan apresiasi kepada Peguron Jalak Banten Nusantara Kota Serang yang telah membantu pemerintah dalam percepatan pemerataan vaksinasi nasional," katanya. 

Namun, Lanyalla mengingatkan bahwa vaksinasi bukanlah obat anti Covid. Vaksinasi ditujukan untuk peningkatan kekebalan tubuh terhadap serangan virus. Sehingga, bagi yang telah mendapatkan vaksin jangan lantas melepas masker dan meninggalkan budaya 3M yang selama ini telah dijalani.

"Saat ini yang kita hadapi adalah virus Covid yang tidak terlihat. Jadi meskipun pendekar, harus tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, termasuk juga harus divaksin," tutur dia. 

Ditambahkannya, meski vaksinasi sudah dilakukan, protokol kesehatan harus tetap diterapkan.Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak harus tetap dilakukan, terutama di lokasi kerumunan atau tempat-tempat umum.

LaNyalla mengatakan, Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan untuk mendorong percepat an vaksinasi, termasuk kepada pemerintah daerah. Presiden juga mengingatkan agar melibatkan semua elemen masyarakat untuk membantu percepatan program vaksinasi. 

"Sehingga, upaya yang dilakukan Peguron Jalak Banten Nusantara Kota Serang ini sudah seharusnya diikuti oleh elemen masyarakat atau organisasi masyarakat yang lainnya, agar proses vaksinasi di Provinsi Banten dapat lebih cepat dilakukan," ujar dia. 

Menurut LaNyalla, hanya dengan percepatan program vaksinasi kita dapat mencapai target kekebalan komunal atau herd immunity. Kekebalan komunal ini sangat penting dikejar, karena masih adanya ancaman serangan gelombang ketiga seperti sempat terjadi di Singapura dan Malaysia. Tentu kita berharap tidak menyebar ke Indonesia. 

"Semoga ikhtiar positif yang dilakukan Peguron Jalak Banten Nusantara dapat memberi manfaat nyata sebagai kerja konkret organisasi dalam rangka pengabdian kepada nusa dan bangsa," tutur dia.
(A.S/ Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama