Tingkatkan Tanggap Bencana, BPBD Sumbar Latih Peningkatan Kapasitas Jitupasna

Lansani News,com- Batusangkar 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021 mengadakan bimbingan teknis (bimtek) hitungan cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) yang diikuti sebanyak 920 peserta terdiri dari para juurnalis dan mahasiswa.Untuk melatih para kader jitu pasna dalam menghadapi pasca bencana secara cepat dan tepat, jadi tujuan kegiatan tersebut.

Hal itu dikatakan Suryadi Eviontri, S.T, M.T, kepala bidang rehabilitasi dan rekontruksi yang mewakili kepala BPBD Sumbar ketika membuka pelatihan Jitu Pasna angkatan IV di Hotel Emersia Rabu 13/9/2021 di Batu Sangkar Kabupaten Tanah DatarBimtek yang dilaksanakan selama 3 hari itu, Suryadi berharap para peserta akan semakin cerdas.

“Harapan kami peserta akan semakin cerdas dalam menghadapi pasca bencana dan tampil sebagai relawan kemanusiaan dengan ilmu yang telah di dapat selama 3 hari ini yakni 13 sampai 16 September 2021,” ujar Suryadi.

“Selama 3 hari mengikuti Bimtek para peserta mengikuti dengan baik tanpa meninggalkan ruangan sampai acara selesai. Tidak satupun peserta yang meningggalkan ruangan sampai jam istirahat,” sambungnya.

Sementara itu, salah seorang perserta dari jurnalis menangggapi kegiatan ini merasa senang dan bangga. Menurutnya, acara ini sangat bermanfaat sekali apalagi Sumatera Barat adalah daerah yang seringkali terjadi bencana.“Dengan adanya Bimtek ini kita yang sebelumnya tidak tahu dengan Hitung cepat pengkajian kebutuhan bencana(Jitu Pasna) jadi tahu dan mengerti,” tutur Bunga.

“Terima kasih kepada pak Suryadi Eviontri yang akrab di panggil Pak Os yang telah memfalitasi para jurnalis Sumbar mengikuti Bimtek Jitu Pasna 2021.Terima kasih juga kepada nara sumber handal Jitu Pasna BPBD Pusat yang telah jauh-jauh datang memberikan pemaparan Jitu Pasna,” ucapnya.

Sebelum acara di tutup Suryadi Eviontri memberikan kepada kelompok relawan yang terpilih sebagai pesert terbaik dalam lomba infografis hitung cepat pengkajian kebutuban pasca bencana.

Adapun yang mendapat peringkat pertama yaitu kelompok relawan Kecamatan Pauh. Juara 2 relawan Kecamatan Padang Utara. Juara 3 Kecamatan Padang Barat. Juara 4 Kecamatan Bungus. Juara 5 Kecamatan Padang Selatan(*r/JLs).

 



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama