Webinar Bersama Gubernur Aceh, Bupati Mursil Siapkan Lahan Untuk Industri Nilam (Pacole)

Bupati Aceh Tamiang H. Mursil SH, M.Kn mengikuti Webinar bersama Gubernur Aceh, Dunia Usaha Australia, Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Universitas Syiah Kuala bertempat di Ruang Kerja Bupati Aceh Tamiang, pada Kamis(12/08/21). 

Webinar ini bertujuan untuk mengembangkan tanaman nilam di Aceh terutama di Aceh Tamiang. Mengawali webinar tersebut, Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah menjelaskan bahwa Aceh merupakan provinsi yang sangat strategis, yang salah satunya berbatasan langsung dengan selat malaka. Saat ini, ungkap Nova ada berapa investor yang masuk ke Aceh di bidang Wisata, Pertanian dan Pangan. 

 “Di bidang wisata ada Lhoknga Golf Course, pada investasi bidang pangan ada tuna asap atau sering di sebut yellow ven tuna yang sudah di impor ke negara lain salah satunya ke Jepang, pada bidang pertani an ada tumbuhan nilam atau sering di sebut pacole yang di olah menjadi oil, dan olahan lainnya.”,Nova. Sebagai Kabupaten, yang ditunjuk oleh Provinsi untuk membudidayakan tanaman nilam, dalamWebinar tersebut Bupati Mursil menjelaskan peluang untuk investor masuk ke Aceh Tamiang sangatlah besar, apalagi ditahun 2023 nanti Jalan Tol Binjai-langsa selesai. 

Untuk lahan budidaya nilam, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sudah menyiapkan lahan di 7(tujuh) titik kecamatan yaitu Kecamatan Sekerak, Bandar Pusaka, Karang Baru, Rantau, Seruway, Tamiang Hulu, dan Tenggulun “Kami akan siapkan tanah untuk industri ini, kita juga akan didukung oleh 13 (tiga belas) CPO Kelapa Sawit, di Aceh Tamiang sangat kaya dengan hasil alamnya dan curah hujannya juga sangat bagus “, ungkap Mursil secara virtual. 

Hadir dalam acara Webinar ini Kepala Bappeda, Kadis Pangan, Kelautan dan Perikanan, Kabag Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Kadis Kominfosan, dan beberapa Kepala CPO Kelapa Sawit.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama