Gebyar Vaksinasi Covid 19, Bupati Lima Puluh Kota Disuntik Vaksin

.

Lima Puluh Kota, LANSANINEWS,COM - Sebagai upaya mencegahan penularan COVID-19 di Kabupaten Lima Puluh Kota,  Pemerintah Daerah setempat menggelar Gebyar Vaksinasi masal Covid 19 yang dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 30 Juni 2021, di Halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Selasa, (22/6/2021).


Sesuai dengan Instruksi Gubernur Sumatera Barat No.3/inst/2021, selain menyasar masyarakat usia 18 tahun keatas, pelayan publik, ASN, pra lansia dan lansia, pada kesempatan tersebut Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo juga ikut diberikan vaksinasi oleh tim kesehatan bersamaan dengan masyarakat.


Dalam arahannya, sekaligus membuka kegiatan tersebut, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan capaian pemberian vaksinasi pada masyarakat


"Vaksin ini berfungsi untuk melatih sistem imun dalam mengenal dan melawan patogen sehingga tercipta imunitas spesifik guna memutus rantai penularan covid 19," ucapnya.


Lebih lanjut Bupati Lima Puluh Kota itu mengatakan, bahwa palaksanaan vaksinasi di Kabupaten Lima Puluh kota sudah dilaksanakan sebanyak 3 tahap, diantaranya tahap pertama untuk petugas kesehatan, tahap kedua untuk pelayan publik dan tahap yang ke tiga untuk para lansia.


Namun pada kesempatan tersebut, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meminta seluruh jajarannya untuk terus mendorong masyarakat melakukan vaksinasi di puskesmas puskesmas yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota untuk mensukseskan target 1 juta vaksinasi Covid-19 per hari se-Indonesia, sesuai arahan  presiden.


"Dengan tercapainya cakupan vaksinasi Covid 19 sebesar 90 persen, diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid 19 di masyarakat. Vaksin yang diberikan ini telah memiliki izin EUA (Emergency Use Authorization) dari Badan POM dan sertifikat halal dari MUI," imbuhnya.


Bupati yang dikenal dekat dengan masyarakat itu berharap pandemi covid 19 segera berakhir dan ekonomi masyarakat kembali pulih di Kabupaten Lima Puluh Kota


"Terima kasih TNI /Polri. Untuk mendukung suksesnya vaksinasi pada masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota, kita sangat membutuhkan koordinasi dan kerjasama dari semua pihak," ujarnya mengakhiri sambutan


Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lima Puluh Kota, Buya Safrijon mengajak kepada simpul simpul masyarakat untuk membuka diri dan berikhtiar dalam membentengi diri dari penyebaran dan penularan covid 19 yang telah memberikan kesakitan serta menghancurkan ekonomi dunia


"Alhamdulillah kita baru saja di vaksin. Mudah mudahan ini benar benar ihktiar dengan pilihan yang tepat dan evektif bagi terciptanya imunitas. Kita tidak tau rahasia Allah, mudah mudahan kita lebih sehat " harapnya. 


Selain dibuka langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, kegiatan itu juga dihadiri oleh  Forkopimda Kabupaten Lima Puluh Kota, Kepala OPD, ASN, TNI/Polri, serta masyarakat.(Ul) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama