Pemkab Sijunjung Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 202

Lanasninews.com- Sijujung
Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Kegiatan itu laksanakan di Balairung Lansek Manih kantor Bupati Setempat dibuka lansung Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Selasa (24 Januari 2023).

Adapun peserta kegiatan tersebut berjumlah sebanyak 160 orang terdiri dari Pimpinan dan Ketua Komisi DPRD  Sijunjung,  Unsur Forkopimda, Lembaga Vertikal, Sekretaris, Asisten, Kepala OPD, BUMN, BUMD,  Organisasi/ Lembaga kemasyarakatan, Perguruan Tinggi, Wali Nagari dan Kepala desa se Kabupaten Sijunjung.

Dalam arahannya, Bupati Sijunjung memberikan apresiasi yang tinggi untuk semua yang hadir pada kegiatan ini, karena forum ini merupakan perwujudan dari komitmen kita terhadap pembangunan Kabupaten Sijunjung secara keseluruhan sesuai dengan Tujuan Pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sijunjung tahun 2020-2025.

“Akibat pandemi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret tahun 2020 hingga sampai saat ini, menyebabakan target-target pembangunan yang sudah ditetapkan tidak dapat tercapai,”kata bupati secara terpisah.

Akibatnya Program Strategis Kabupaten Sijunjung yang ditargetkan akan diselesaikan di tahun 2023 dan 2024.“Hal ini merupakan beban berat bagi Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam mewujudkan Visi, Misi dan Program Unggulan Kabupaten Sijunjung tahun 2021-2026 yang harus diselesaikan.

Bupati mengharapkan khusus kepada Kepala Perangkat Daerah untuk: Menuntaskan target kinerja RPJMD sebagaimana yang telah dituangkan pada masing-masing Renstra Perangkat Daerah, melalui skala prioritas dalam penyempurnaan program Kegiatan dan Sub kegiatan tahun 2024.

“Mengoptimalkan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai target yang telah ditetapkan”

Memprioritaskan penganggaran untuk pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), pemenuhan kebutuhan wajib dan mengikat serta untuk pencapaian Visi Misi dan Program Unggulan yang sudah tertuang pada RPJMD tahun 2021-2026.Ia menghimbau agar Perangkat Daerah untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala BAPPPEDA Sijunjung, Yuni Elviza menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk merumuskan dan membahas isu-isu aktual Daerah saat ini yang nantinya  akan melahirkan prioritas pembangunan Daerah dan program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Adapun hasil yang diharapkan adalah menyepakati tema prioritas dan proyeksi program pembangunan serta indikator makro pembangunan Daerah untuk tahun 2024.Acara di akhiri dengan penanda tanganan berita acara kesepakatan Forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Tahun 2024 dan foto bersama. ( *RM)

(Kmf noven)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama