Drs. Rahmad, MM: Status PLT Kepala Sekolah Masih Jadi Dilema Di Sijujung

Lansaninews.com-Sijujung 
Sekitar 125 meter dari RSUD Sijunjung arah ke Selatan, di sebelah kiri jalan Lintas Sumatera berdirilah sebuah kantor yang berpalang merek Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Sumatera Barat. Kantor yang tertata bersih dan rapi ini dipimpin oleh Drs. Rahmad, MM yang membawahi 8 orang  PNS dan 3 orang non PNS. 

Ketika Lansaninews menemui Rahmad di kantornya Rabu, 23/11, terjadilah dialog hangat tentang masalah  pendidikan di Kabupaten Sijunjung. "Bagaimana kabarnya status Kepala Sekolah yang masih PLT?", Tanya Lansaninews. 

"Itulah yang menjadi dilema sekarang. Disatu sisi  mereka menjalankan tugas-tugas ke pemimpinan yang tidak ringan, disisi lain mereka harus mengajar seperti guru-guru yang lain. Di Kabupaten Sijunjung ada 3 Kepala Sekolah yang PLT. Eka Febri, M.Si, di SMAN 1 Sijunjung, Eni Pesma, S.T, M.Si di SMAN 4 Sijunjung dan Nasril, S.Pd di SMAN 9 Sijunjung Mudah-mudahan akan ada pelantikan Kepala Sekolah di bulan Desember ini",ungkap Rahmad yang lulusan magister manajemen UPI-YPTK Padang ini.

Dilain tempat KASI SMA, Elvanis Rozalinda, M.Si mengatakan "Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat ini sudah berdiri sejak tahun 2019. Bangunannya masih dikontrak. Kita berharap pemerintah akan membangun kantor  sendiri di Sijunjung ini", kata Linda yang mantan guru ini. 

Lebih lanjut Linda menjelaskan "Sekarang ini dalam kurikulum merdeka guru harus berperan sebagai orang tua, sahabat dan pendidik bagi siswa. Tidak zamannya lagi guru marah-marah, mengancam dan menghardik siswa. Sekolah saat ini harus ramah anak. Dan saat ini SMAN 9 Sijunjung sudah mendeklarasikan diri sebagai Sekolah Ramah anak", tutur Linda yang lulusan S2 UNAND ini.(Burhanudin/ LS)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama