Menakjubkan, Inilah Keindahan Geopark Silokek Yang Memukau

LANSANINEWS.COM Sijunjung                          -
Masuk dalam 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Geopark Silokek kabupaten Sijunjung propinsi Sumatra Barat Bakal jadi tujuan destinasi wisata yang mendunia.

Salah satunya Geopark Goa Batu Basurek yang memiliki keindahan dan terbentuk dari bebatuan dan alam, selain sebagai tempat untuk berwisata, tempat tersebut juga menjadi tempat studi bagi mahasiswa yang sedang melakukan riset dan penelitian tentang geologi.

Berada ditepi Sungai Batang Kuantan dengan jarak lebih kurang 15 KM dari kota Muaro Sijunjung, Silokek mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

"Ngalau batu basurek atau goa batu basurek  ini mulai dikenal semenjak jaman belanda dan penemunya ada 3 orang pada tahun 1923 dan nama penemunya ada di dinding goa itu, tapi pengelolaannya dan mulai viralnya semenjak tahun 2020," jelas Nofriandi, S.Pd Ketua Mpok Darwis Sangkiamo Silokek saat bincang-bincang dengan awak Media, Minggu (10/07/2022).

Menurutnya goa batu basurek tersebut terjadi karena patahan lempeng laut yang terjadi sekitar 500 tahun yang lalu dan disamping itu juga di Silokek juga ada Air terjun Silokek, desa wisata Silokek, Pasir putih Silokek, ngalau Talago Silokek yang semuanya memiliki keindahan yang menakjubkan.

"Dalam penilaian kemarin kami memasukan tujuh kategori dan Silokek lebih mengarah ke arah destinasi seperti alamnya, goanya, air terjunnya, situs sejarah, kuliner dan souvenir khusus dari Silokek kita memiliki yaitu kacau asam terbuat dari durian yang dicampur dengan cabe dengan ikan teri dan dikasih kuah dan disamping kuliner lainnya seperti bajik sagun yang merupahkan makanan ciri khas Silokek," ujarnya 

Lebih lanjut Nofriandi menjelaskan Silokek memiliki destinasi yang terbentuk dari alam cuma rest area yang merupahkan destinasi buatan, memiliki 4 Homestay yang sudah terdaftar di kementrian dan ada lagi 32 rumah masyarakat yang akan digunakan sebagai homestay.

Dalam pengelolaan destinasi tersebut menurut Nofriandi,  Mpokdarwis Silokek memberdayakan anak-anak muda dan mahasiswa di daerah tersebut, untuk itu ia berharap Silokek bisa menjadi juara pada ADWI 2022 ini.(M)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama