Tingkatkan Hasil Panen Petani Di Kabupaten Sijunjung, Bupati Dan Wagub Turun Ke Lapangan

LANSANI NEWS COM-Sijunjung 

Pertanian merupakan program unggulan Kabupaten Sijunjung dengan pertanian bisa mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat karena dominasi masyarakat kita adalah pertanian.Hal tersebut disampaikan Bupati Benny Dwifa Yuswir didampingi Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah. saat menghadiri Halalbihalal di depan halaman Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Rabu (11/5/2022).

Acara ini dihadiri Plt Kadis Pangan dan Perikanan, Arwilson, Ketua TP PKK, Ny. Riri Benny Dwifa, Ketua GOW Ny. Dona Iraddatillah, Plt Kabag PKP, Khaidir Ali Daulay, Kabid HI Nakertrans, Khairuddin. Halalbihalal yang diselenggarakan ini  tidak mengurangi esensi kita dalam rangka untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyaraka,”ujar Bupati.

Berikan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Pertanian Ketika kami turun ke lapangan masih yang bertanya Pak kami Nio bantuan Alsintan dima kami bisa dapek an Pak ?. ternyata masih ada masyarakat kita yang belum menerima informasi terkait bagaimana cara memperoleh akses ke Dinas Pertanian.

Padahal kita punya penyuluh pertanian setiap jorong yang ada. tapi kami yakin Bapak Ibuk sudah ber usaha bekerja dengan maksimal hanya saja perlu di tingaktkan ke depannya Mari kita jalin silaturahmi dan komunikasi yang baik untuk peningkatan pembangunan karena kita itu satu tim tidak ada jarak antara Bapak Ibuk dengan kami. sebagai Pimpinan Bupati dan Wabup. kalau Kadis tidak ada kami siap untuk meluangkan waktu bagi Bapak Ibuk, Ungkap Bupati Benny.

Jangan sebaliknya membuat jarak diantara kita akhirnya kesalahan informasi dan komunikasi menjadi dampak buruk yang dirugikan secara tidak langsung adalah masyarakat.Momentum yang tepatnya kira nya Halalbihalal diselenggarakan untuk saling maaf memaafkan apalagi kita sudah melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan lebih sempurna terasa, dengan harapan kesalahan kita di ampuni Allah SWT, dan kita seperti bayi baru dilahirkan bersih tanpa dosa.

Mudah-mudahan kita bisa selalu meningkatkan kolaborasi dan bersinergi untuk menata program impian masyarakat Sijunjung, terang Bupati Benny.Sedangkan Kadis Pertanian Ronaldi menyampaikan,” Halalbihalal yang diselenggarakan merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan kurnianya, Alhamdulilah satu bulan penuh kita menjalankan ibadah puasa kita diberikan kesehatan sehingga kita dapat menjalani ibadah dengan baik

Kita berdoa dan berharap ibadah yang kita lakukan selama bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT .Dengan adanya acara Halalbihalal bisa menjadikan Ukhuwah Islamiyah semakin terjalin antara pimpin an dan seluruh jajaran pertanian. kita juga berharap bisa membawa dan meningkatkan motivasi kinerja untuk pelayanan kepada masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan untuk tahun 2022 ada 24 paket pekerjaan fisik pembuatan dan peningkatan jalan usaha tani yang bersumber dari dana APBD Kabupaten.Untuk dana APBN diantaranya bantuan bibit pengembang an padi hibrida seluas 1.000 hektar, bantuan bibit jagung untuk 100 hektar dan bibit cabe 20 hektar.

Kemudian dari APBD Provinsi yakni bantuan bibit rampai sirandah sebesar 27 ton yang akan kita kembangkan karena rampai sirandah merupakan falitas unggul, pengembangan jagung seluas 11 hektar, manggis 54 hektar, Alpokat 22 hektar dan Cabe 6 hektar.

Sedangkan APBD Kabupaten, padi seluas 551 hektar, jagung 20 hektar, cabe 3 hektar, durian 18,7 hektar, manggis 67 hektar, pengadaan alsintan sebanyak 53 unit.Untuk bidang perkebunan perluasan areal karet dengan target 30 hektar, peremajaan karet juga 30 hektar, peremajaan sawit 1.000 hektar dan pengadaan ternak sapi target 12 kelompok tani.Lebih lanjut Kadis Pertanian Ronaldi,mengatakan semua kegiatan sudah di identifikasi sudah memasuki tahapan kelompok calon penerima. Insha Allah secepat nya semua proses pengadaan maupun tender sudah bisa kita laksanakan.(*Mon Eferi)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama