Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2022, Kapolres Tanah Datar Sampaikan Amanat Kapolri


LANSANINEWS.COM Tanah Datar                     -Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si  bertindak selaku pemimpin Upacara Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2022, Jum'at (22/04/2022) di Halaman Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar Sumatra Barat.

Turut hadir dalam upacara gelar apel pasukan Bupati diwakili Asisten 1 Alizar, Dandim 0307/TD, Forkopimda, dan diikuti  TNI, PJU Polres, Para kasat, Kasat Lantas AKP Julisman, SH, Jajaran Polres Tanah Datar, DisHub, Senkom, Dinkes, Kadis PUPR Thamrin, kepala BPBD dan peserta  undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres Tanah Datar  AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit, yang menyampaikan Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat Tahun 2022 yang dilaksanakan selama 12 hari dimulai tanggal 28 April -09 Mei 2022.

"Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia  baik Masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara, dalam pelaksanaannya operasi ini akan  melibatkan 144.392 personel pengamaman yang terdiri atas 87.880 personel Polri 13.287 personel TNI serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satpol PP, Dinas Perhubungan ,Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran , Linmas, Senkom dan instansi lainnya, dan personel tersebut akan ditempatkan pada 1710 pos pengamanan dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu," sampainya.

Seusai gelar pasukan AKBP Ruly Indra Wijayanto menyatakan kepada awak media.Operasi ini dilaksanakan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif ditengah-tengah masyarakat saat lebaran nanti.

"Operasi Ketupat Singgalang 2022 untuk wilayah hukum Polres Tanah Datar akan melibatkan 300 orang personil gabungan untuk melakukan pengamanan dan pelayanan terhadap pemudik dan masyarakat Tanah  Datar, Untuk itu kami telah mempersiapkan sebanyak 1 pos pengamanan di Ombilin dan 2 Pos pelayanan  satu di depan lapangan Cindua Mato dan di Istano Basa Pagaruyung, selain pengamanan dan pelayanan terhadap pemudik seluruh personil juga akan melakukan antisipasi penyebaran covid-19,” ujar Kapolres

Kapolres menambahkan  akan membangun satu pos pengamanan  yang fungsinya adalah untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang melakukan mudik ,seperti informasi bengkel terdekat bagi pemudik yang mengalami kerusakan kenderaan .Juga akan menyediakan lokasi vaksin covid-19 bagi yang membutuhkan  serta pelayanan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Tidak lupa dalam kesempatan itu  Kapolres juga menghimbau masyarakat  yang hendak melakukan mudik  agar selalu waspada terhadap sesuatu yang merugikan dan membahayakan diri dan orang lain.

"Kita harapkan kepada pemudik agar memastikan kenderaan yang akan dibawanya sebelum berangkat sudah aman, Rumah yang ditinggalkan saat mudik  sudah dipastikan aman dari  kebakaran dan pencurian," pungkas AKBP Ruly Indra Wijayanto. (MLS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama