Suryadi Eviyondri,harapkan Dengan Mengikuti Pelatihan Ini, Peserta Dapat Membuat Dokumen Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

LansaniNews.com- Padang
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menggelar Bimbingan Teknis Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna).yang dimulai hari mulai 6-9 September 2021 di Grand Basko Hotel Padang.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Konstruksi BPBD Sumbar, Suryadi Eviyondri mengatakan, bimbingan teknis bertujuan untuk melatih peserta agar mampu membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca kebencanaan mulai dari pengumpulan data hingga penyusunan dokumen. Kegiatan diikuti lebih dari seratus peserta yang berasal dari BPBD provinsi dan kabupaten/ kota, aparatur nagari, desa, atau kelurah an, relawan penanggulangan bencana serta dari kalangan jurnalis

“Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca bencana dalam satu sampai empat hari  setelah kejadian bencana terjadi,” katanya, Selasa (7/9/2021).

Semakin cepat dokumen disusun, katanya, maka semakin cepat pula dokumen pengkajian kebutuhan pasca bencana bisa diserahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana sehingga bantuan pun bisa cepat turun.

Belajar dari pengalaman bencana yang ada di Sumbar, semakin lama dokumen kebutuhan pasca bencana disusun, maka semakin rawan dengan kepentingan tertentu.Ada pihak-pihak tertentu yang ingin namanya dimasukkan ke dalam data orang yang terdampak bencana. Tujuannya agar dia bisa mendapatkan bantuan pemerintah.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama