Hujan Ekstrem, 5.806 Rumah di Kabupaten Batubara Sumut Terendam Banjir

 Lansani news.com--Batubara,
Hujan ekstrem yang melanda Provinsi Sumatera Utara membuat ribuan rumah di Kabupaten Batubara terendam banjir.Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batubara, Sa'ban Efendi melaporkan, kondisi cuaca di daeahnya kini terpantau mendung disertai angin kencang dan dapat berpotensi hujan. Menurut nya, BMKG sudah mewanti tim penanggulangan bencana agar siaga penuh 24 jam.

"Cuaca angin kencang dan mendung. Kami siaga 24 jam," kata Sa'ban, dalam keterangan tertulis diterima (20/8/2021).

Menurut Sa'ban, intensitas hujan ekstrem yang terjadi sejak Minggu (16/8/2021) hingga Senin (17/8/2021) mengakibatkan debit air beberapa sungai di Kabupaten Batubara, Sumatra Utara naik,  hingga menyebabkan jebolnya tanggul di sejumlah titik.

"Selain itu dilaporkan ada air kiriman dari wilayah hulu di wilayah administrasi Kabupaten Asahan yang kemudian menyebabkan sedikitnya 31 desa di 4 kecamatan terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) antara 30 - 50 sentimeter," jelas Sa'ban.

Sa'ban mengungkapkan, hasil dari kaji cepat yang dilakukan tim BPBD Kabupaten Batubara, sebanyak 5.806 rumah yang diisi kurang lebih 5.806 KK terdampak banjir. Di samping itu, lahan perkebunan atau pertanian seluas 4.778 hektare juga terdampak banjir.

Sumber( Liputan 6)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama