Jelang Idul Adha,petugas qurban diberikan penyuluhan dapatkan daging asuh

LANSANINEWS.COM -PADANG ARAO
  Jelang Idul Adha, para petugas qurban diberikan sosialisasi dan pengetahuan cara memotong hewan qurban dengan baik, benar, dan halal, guna mendapatkan daging kurban dengan hukum Islam dan mendapatkan daging yang Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH).

Hal ini disampaikan oleh Kabid Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan Arius Mora didampingi Kasi Kesehatan Hewan yang juga pengawas veteriner kabupaten Solsel drh Syerlly Oktarini baru-baru ini di Padang Aro.

Mora menambahkan bahwa sosialisasi juga dilakukan terkait pemotongan hewan kurban yang meliputi kesehatan hewan kurban untuk menjamin hewan kurban bebas penyakit zoonosis serta proses penyembelihan hewan kurban untuk menjamin pemenuhan syariat Islam dan kesejahteraan hewan.

"Selain itu, untuk menyempurnakan ibadah kurban, maka semua yang berkaitan dengan kurban termasuk tata cara menyembelih hewan qurban, harus mengikuti proses yang sesuai dengan hukum Islam, " Jelas Mora.

Ketua MUI Solsel Syarkawi Azis dalam paparannya mengharapkan agar petugas betul-betul melakukan penyembelihan nantinya sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

"Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu‘alaihi Wa Salam. Seperti, tuntunlah hewan kurban ke tempat penyembelihan dengan baik dan tidak kasar. Hal ini penting untuk diketahui, agar hewan yang disembelih nantinya benar-benar diketahui secara pasti kehalalannya," paparnya.

Turut memberikan materi Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Rina Oktviola dan pengawas veteriner yang juga auditor pada Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Provinsi Sumatera Barat drh.Afri Murwesri. (nvl)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama