Terkenang Pesan Bapak " OJO DUMEH "

Q Beritakan - OJO DUMEH, kala itu ketika saya masih beranjak remaja,Bapak dan ibu saya selalu mengingatkan dengan bahasa atau pribahasa yang sampai sekarang selalu terngiang dalam kondisi apapun, Bahasa yang mengandung arti yang sangat luar biasa jika kita gali dengan arif dan bijaksana.

Judul diatas adalah motto hidup yang sampai saat ini aku pegang teguh . Ungkapan itu begitu bermakna bagiku. “Ojo dumeh” sangat sulit kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kalaupun bisa agak aneh dan kurang dalam maknanya. Secara harfiah, “Ojo dumeh” itu artinya “jangan karena”, aneh bukan?
Padahalah maknanya begitu dalam dan luar biasa.

Jika saya jelaskan dalam bahasa indonesia OJO DUMEH, dapat diartikan Jangan Sampai, Misalkan saat ini kita dalam keadaan berada atau berduit, Bahasanya adalah Ojo Dumeh, artinya jangan Sok, atau sombong dikala kita sedang beruang, Jangan sedih jika saat ini sedang tak beruang atau menderita, Artinya penerapan bahasa ini selalu pas dalam kondisi apapun, yang artinya mengajak kita untuk selalu waspodo atau waspada, mawas diri, dan selalu rendah hati dan berbesar hati sesuai dengan kondisi kita saat itu.

Pemahamanya kita harus selalu bersaja dalam keadaan apapun, karena setiap saat, waktu kehidupan ini akan berubah, kadang dibawah, kadang diatas jadi harus selalu bersukur dalam keadaan apapun, selalu istigfar kepada Tuhan Yang maha kuasa untuk apapun yang sedang kita alamai atau sedang kita jalani.

Nah semoga ini dapat kita pahami dengan baik, untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinan kita masing-masing, supaya kita selalu dalam lindungan dan dibahagiakan dimanapun berada aamiin.

Trimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat mohon di share jika ini dianggap baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama