LOGGING TRUCK RENAULT KERAX 440


Q Beritakan - Kemajuan zaman semakin canggih, berbagai alat ditemukan sebagai alat untuk membantu pekerjaan manusia dalam hidup sehari-hari, juga sebagai alat membantu dalam bekerja dan menyelesaiakan pekerjaan yang barangkali sulit dikerjakan oleh manusia, yang diharuskan dengan menggunakan mesin, seperti contoh gambar diatas.

Gambar kendaraan seperti terlihat di atas disebut logging truck. Kendaraan ini digunakan khusus untuk mengangkut kayu bulat (log).  LOGGING TRUCK RENAULT KERAX 440  ini dapat memuat kayu bulat sampai 90 meter kubik atau setara dengan 100 ton kayu gelondongan!


pada Bagian belakang dibuat tanpa pembatas agar mudah menaik-turunkan kayu. Hanya ada tiang penyangga di kanan kiri badan truk, untuk menjaga agar muatan tidak jatuh.

Di kalangan pekerja hutan, truk semacam itu populer dengan sebutan ‘trailer’. Sebutan trailer ini diberikan karena truk mempunyai gandengan. (Logging truck yang tidak mempunyai gandengan disebut engkel). Gandengan itu bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan. Pada saat bermuatan, gandengan dipasang supaya truk bisa menampung kayu bulat dengan kisaran panjang sampai 16 meter. Pada saat tanpa muatan, gandengan dilepas dan dinaikkan di bak belakang sehingga truk dapat melaju lebih nyaman.



Sambungan belakang dipindahkan dengan alat berat lain yang populer disebut kepiting. Nama resmi kendaraan tersebut adalah Loader.


Sesuai namanya, loader digunakan untuk membongkar dan memuat kayu gelondongan dari atau ke atas logging truck. Ada dua macam loader, yaitu Wheel Loader yang memakai ban karet seperti terlihat dalam gambar. Ada juga Track Loader yang menggunakan ban rantai seperti bulldozer atau tank baja. Track Loader lazim digunakan untuk daerah pemuatan dengan kondisi becek atau ekstrem.


Bagaimana memindahkan gandengan supaya bisa nangkring dengan nyaman di bagian belakang logging truck, bisa dilihat dalam rangkaian gambar berikut.

1 Komentar

  1. Keren Logging Truck Renaultnya gan.
    Renault Kerax tipe apa ini?
    Biasa muat berapa m3?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama