Secangkir Kopi Lampung

Qberitakan.  Lampung berada ujung Pulau Sumatra , Kondisi geografis Provinsi Lampung dikelilingi bukit barisan dan perairan Selat Sunda dan Laut Jawa Lampung yang banyak memiliki tempat wisata yang akan memanjakan kita untuk menikmati keindahan alam sangat luar biasa ternyata memiliki komoditas andalan Yitu kopi lampung. Kopi lampung ini banyak dibudidayakn di daerah dataran tinggi di lampung barat. Pastinya sudah tidak asing lagi ya sahabat Qberitakan dengan yang namanya kopi, sekalipun tidak semua Penikmat kopi.


Nah Anda adalah penikmat kopi sejati.! Rasanya belum afdol jiak belum menikmati sensasi rasa dan aroma kopi lampung. Saya Sarankan Anda harus berkunjung kelampung dan pernah lewatkan untuk merasakan nikmatnya Kopi Lampung, Kopi yang diproduksi oleh masyarakat Lampung ini merupakan jenis kopi robusta. Kopi jenis ini termasuk kopi kelas 2 karena rasanya lebih pahit, sedikit asam, dan kadar kafeinnya cukup tinggi. Kopi Lampung tidak hanya digemari oleh masyarakat Lampung, tetapi juga masyarakat yang berasal dari luar Lampung seperti Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, bahkan hingga ke Pulau Jawa. Di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, Kopi Lampung menjadi sangat terkenal hingga muncul sebuah lagu berjudul “Kopi Lampung” yang diciptakan dan dipopulerkan oleh seorang seniman campursari bernama Didi Kempot.

Kopi lampung sudah tersebar kesegala penjuru pelosok negri ini, dan bisa didapatkan dimana saja, Tapi nih belum lengkap jika kopi lampung hanya kita nikmati dirumah sendiri, Coba Bayanngakn ya sahabat Qberitakan, Menikmati secangkir kopi dibawah pohon kopinya. Hehe pasti belum pernah. Sangat menarik dan akan tersa lebih nikmat kita nikmati kopi lampung lampung ini didaerah asalnya sambil menikmati pemamndangan alam perbukitan dengan udara yang sangat segar dilampung barat. Atau menikmati secangkir kopi sambil melihat sekumpulan Gajah Sedang bermain.. Tuh kan! Baying saja Pasti nikmatnya gak ketulungan.

Ini Alasannya kenapa sebagi pecinta kopi sejati harus menikmati kopi lampung. Karena Kopi Lampung memiliki aroma dan rasa yang pas menjadikan Kopi Lampung dijuluki sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Pada tahun 2009, Kopi Lampung Barat mendapat gelar sebagai juara satu nasional dengan kategori mutu biji kopi terbaik diindonesia.


Kopi Lampung juga memiliki ciri yang lebih khas sehingga mudah dikenali, yaitu warnanya lebih hitam pekat, aroma pahitnya yang kuat karena mengandung kafein paling tinggi, serta sedikit rasa asam. Kopi Lampung juga terasa lebih nikmat dan beraroma kuat karena dalam perawatan dengan sistim organik tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida, para pembudidaya kopi dilampung menggunakan pupuk organic dari kotoran hewan dan pupuk kompos dari pembusukan dedaunan kopi itu sendiri.


Bagaimana Sahabat Qberitakan, Masih ragu untuk menikmati kopi lampung. Jangan tunggu lama-lama saya tunggu kehadiran Sahabat semua dilampung untuk menikmati sensasi ngopi dibawah pohon Nya,  hehe sambil cari bahan buat Posting kan kerentuh.! ok salam sukses selalu.

9 Komentar

  1. akanlebih afdol jika kopi lampungnya di barter dengan ubi cilembu, selain memang mecing jikamereka berdua disandingkan di meja tamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantab itu mah kang. tambah jos gandos top markotop.

      Hapus
  2. Saya suka baget kopi lampung apalagi belinya biji langsung digiling mantap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas lebih manatap memang, beli biji digiling sendiri, jadi bisa menyasuaikan selara kita masing-masing..

      Hapus
  3. Waktu masih SD dulu saya suka mencampur kopi bubuk dengan susu kental kalengan itu, lalu saya makan pakai sendok. Hmmm sedep betul rasanya meski tanpa air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sudah bisa ditebak ya kang. pasti giginya gigis dulu waktu belum sunat ya kang.. cit cit cit

      Hapus
  4. Waw pastinya mantap tuh kang kopi lampungnya, saya belum pernah nyoba kopi lampung kang jadi saya tidak tahu rasanya seperti apa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ingin mencoba nanti saya kirimkan via Email Kang Lukan.! :D

      Hapus
    2. Aduh kirim via email lagi jadi tambah kecewa saya (sambil melongo dan gigit meja dirumah saya sambil nangis).

      Hapus
Lebih baru Lebih lama