MARI BERSEPEDA DI BANGKA TENGAH :Celoteh dari Bumi Laskar Pelangi


Saat ini bersepeda sudah menjadi gaya hidup. Selain menyehatkan badan juga mengurangi polusi dan baik untuk bersosialisasi dan silaturahmi. Dimana-mana tumbuh klub-klub bersepeda dengan berbagai kelas baik yang Road race, BMX, MTB, Downhill maupun Seli (sepeda lipat). Tapi untuk fun mungkin lebih banyak yang MTB. Tidak heran lagi kalau beberapa pesepeda di kota-kota besar memakai sepedanya untuk berangkat ke kantor dengan sepeda. Atau lebih dikenal dengan bike to work. Ampuh untuk menghindari macet. Sayangnya belum banyak jalan raya yang menyiapkan khusus lajur jalan untuk pesepeda. Kalau ada pun kadang masih diserobot oleh pengguna kendaraan lain. Sangat berbeda dengan beberapa kota besar di luar negeri yang pengguna jalannya jauh lebih patuh berlalu lintas.
Olahraga sepeda juga makin bergairah di Bangka Tengah. Baik yang perorangan maupun berkelompok. Beberapa klub sepeda juga banyak terbentuk.  
ISSI Bangka Tengah
Untuk mengakomodir animo masyarakat ini lah alasan ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Bangka Tengah dibentuk. Untuk saat ini masih dalam proses dan belum dilantik. Rencananya akhir April ini sudah ada pelantikan dan mulai bekerja untuk memajukan olahraga sepeda di Bangka Tengah. Menaungi klub-klub sepeda yang ada dan mulai mengarahkan sepeda sebagai olahraga prestasi. Karena selama ini yang ada adalah bersepeda masih sebagai hiburan saja. Diharapkan kedepannya akan lahir atlet-atlet sepeda dari semua kelas seperti Road race, BMX, MTB dan Downhill. Dan bisa bertarung diajang-ajang pertandingan sepeda yang ada.

Pagi ini adalah gowes perdana ISSI Bangka Tengah. Dengan Marshal ko Alay diiringi ketua ISSI Bangka Tengah Hendra dan para pesepeda dari Koba Cyling Community, Pemda Bateng Cycling Community serta Nikage. Rutenya masih dalam kota. Start dari perkantoran Pemda Bateng menuju Pantai Kebang Kemilau melintasi kota Koba. Dengan jarak tempuh 30km pp. Sengaja mengambil rute dalam kota sekalian untuk mengajak para pesepeda untuk bergabung minimal terus bersemangat lagi bersepedanya. Bersepeda lebih seru beramai-ramai. Lelah letih tidak terlalu terasa karena sambil diiringi dengan canda tawa. Kecepatannya juga standart saja tidak terlalu cepat juga jangan sampai ketinggalan. Yang diutamakan tetap kebersamaan. Saling mengimbangi, yang biasa cepat melambatlah sedikit dan yang biasa lambat lebih termotivasi untuk mengayuh pedal.

Pada awal Mei yang akan datang tanggal 05-08 Bangka Tengah juga menyelenggarakan event bersepeda di motori oleh Dinas Pariwisata Bangka Tengah. Sepeda adventure ini masih dalam event sepeda wisata. Dalam event ini diharapkan pesepeda dari luar daerah juga bisa bergabung. Tidak hanya keseruan trek sepeda yang akan disuguhkan tapi para pesepeda juga akan diajak ke spot-spot wisata andalan Bangka Tengah seperti Ketawai Island yang terkenal dengan keindahan lautnya dan keunikan desa nelayan Kurau dan Hutan Pelawan Desa Namang.

Dengan berdirinya ISSI Bangka Tengah semoga giat sepeda di kota ini makin semarak. Bangka Tengah punya potensi trek yang bagus. Untuk penyuka road race jalan aspalnya mulus dan tidak padat lalu lintas jalannya. Untuk downhill juga ada di daerah Pangkalan Baru seperti di Bukit Paoh dan Bukit Merbau. Kalau mtb lebih seru lagi. Jalan-jalan setapak diperkebunan dan area bekas pertambangan timah juga menarik sekali untuk dijelajahi.
Kepada teman-teman goweser diseluruh Indonesia yang ingin bergabung dalam Bike Adventure Bangka Tengah bisa mendaftarkan diri dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp.200.000/pax. Sudah include full lunch dan breakfast. Tidak termasuk tiket pesawat dan hotel yah :D Untuk info pendaftaran silahkan menghubungi 082380098120 (Regina) atau akun facebook : mtb bangka tengah, instagram : mtbbangkatengah dan email :mtb.bangkatengah@gmail.com
Sampai jumpa di Bike Adventure Bangka Tengah. Salam gowes, kring-kriing.
Koba20160408-

21 Komentar

  1. Waw seru saya pengen sekali bersepeda, tapi tempatnya jauh bangett ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalu begitu bersepedahnya keliling kampung aja kang xi xi xi

      Hapus
    2. Oya kang Yabuh Gong, barrng kang Nurul Iman. Xi xi xi

      Hapus
  2. Pingin ikutan sih, tapi kok jauh banget ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jauh memang kalau dari kalimantan, papua, aceh dan sulawasi, kalau dari palembang gak jauh lo xixixi.

      Hapus
  3. Suport dari jauh aja ya Bos, sukses acaranya.

    BalasHapus
  4. Coba dipadang hem gak mau ketinggalan saya. Jauh sih di pulau Bangka. Salam aja lah buat teman-trman disana.

    BalasHapus
  5. Hmm sepertinya kurang menantang bos kalau hanya bersepeda dijalan raya, kalau menurut saya sih bos harus coba sekali kali ke pedasaan wis rasanya pasti beda bos lebih muantappp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. La ini lewat bukit bukit gunung gunung kang iman hehehe

      Hapus
    2. Hmm tapi lebih muantappp lagi ditambah rutenya biar lebih muantappp kang bos, ahi hi hi ^_^

      Hapus
    3. Kira Kira rute apa lagi ya kang Nurul Iman, Boleh dikasih tau dooonk....

      Hapus
    4. Kalau boleh sih kerumah saya terus bawain makanan ke rumah saya, itulah kang bos rute yang paling okeh dan muantappp, gak bercanda kok kang bos.

      Kalau menurut saya sih bagusnya yang agak jauh dari jalan raya deh kang bos biar suasana pun tetap segar dan tentunya menyehatkan buat jantung dan juga paru paru saat bernafas.

      Hapus
    5. iya kang ini rutenya memang ke tempat yang menantang, kebukit sambil melintasi bekas pertambangan timah.. pokoknya mantab lah kang

      Hapus
    6. Kang bos itu club sepeda atau hanya dengan teman tour bersepedanya ?

      Hapus
    7. Dua duanya kang Iman Naksir kah icit cit cit cit

      Hapus
  6. Semoga Semakin banyak lagi anggotanya dan semakin meningkat kwalitas kesehatan masyarakat dengan ini olahraga bersepeda menyenangkan sekaligus menyehatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas jono dan trimakasih telah berkunjung mas.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama